Monday, September 18, 2017

Dhurga Maa, Kuil Indah di Pusat Kota Tangerang

Saya baru mengetahui kalo kota Tangerang punya kuil umat Hindu yang menarik untuk dikunjungi. Namanya Kuil Dhurga Maa. Masuknya tanpa biaya sama sekali, kita hanya perlu minta izin untuk masuk kepada petugasnya. Kuil Dhurga Maa terletak di Jalan Imam Bonjol, Gg. Bidong no 53 dan persis bersebelahan dengan Sungai Cisadane. Kuil ini dibangun oleh seorang pria keturunan India yang sudah lama tinggal di Medan bernama Pak Samin dan diresmikan pada tahun 2004. Kuil ini tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu tapi juga tempat wisata yang sangat menarik. 

Dhurga Maa yang dalam ajaran Hindu dilambangkan oleh Dewi yang memiliki banyak tangan yang memegang senjata untuk menghancurkan kekuatan jahat dan pelindung moralitas. Sementara kendaraannya adalah macan atau singa. Hal yang membuat saya berdecak kagum adalah bentuk gapura bertingkat dengan berbagai ornamen patung Dewi Durga Maa dan singa ketika pertama kali memasuki area kuil. Gopuram (dalam bahasa Sanskrit yang berarti gapura) bertingkat ini yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan.

Berbagai patung dewa dan lukisan menghiasi tembok-tembok kuil, juga terdapat banyak ornamen khas India yang unik. Untuk mengunjungi lokasi kuil ini terbilang mudah karena terletak di pusat kota Tangerang. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi dan umum atau juga menaiki perahu Sungai Cisadane untuk sekaligus berwisata susur Sungai Cisadane.



Tulisan ini dimuat di Sriwijaya Inflight Magazine edisi Juli 2017

No comments: