Thursday, August 17, 2023

Pergi ke Skotlandia dan Inggris Melalui Residensi- Oase Paska Kanker

Pengobatan kankerku kurang lebih memakan waktu 1 tahun, hari-hari yang dilewati dengan hati yang hancur, lelah fisik dan mental dengan berbagai pengobatan-operasi pengangkatan, terapi radiasi dan kemoterapi, pemulihan paska kemo-alhamdulillah aku mendapat rejeki yang tidak disangka yaitu menjadi salah satu pemenang hibah British Council melalui program Connection Through Culture di tahun 2022/2023.

Apa itu Connection Through Culture British Council?

Program ini merupakan salah satu hibah atau pendanaan bagi siapapun yang mempunyai kerja-kerja di bidang seni dan literatur yang dibiayai oleh British Council yang bertujuan memperkuat kolaborasi budaya dan seni Indonesia dan UK. Biasanya dibuka bulan September setiap tahunnya dengan maksimum dana 7,000 poundsterling. Kalau kamu pegiat seni dan literatur kamu bisa loh apply secara individu maupun kelompok. Kamu hanya perlu mencari partner yang ada di UK (individu/komunitas/organisasi) dan kemudian membuat semacam proposal program dan mengisi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan seperti : program apa yang mau kamu buat, dampaknya apa, bagaimana caranya, detail kegiatan dan budgetnya berapa, portfolio, dsb. Bisa baca-baca di website mereka juga disini

Program yang aku rencanakan adalah Residensi Zine di Skotlandia, Workshop zine making dan Pembuatan zine dengan tema Mitologi Indonesia dan Skotlandia. Aku bekerjasama dengan Glasgow Zine Library sebagai partner UK. Awalnya aku banyak mengirim email dan DM instagram pegiat zine dan zine library di UK, untuk permohonan kerjasama dan kolaborasi. Setelah perjuangan ini, bersyukur banget Glasgow Zine Library (GZL) dan Edinburgh Zine Library menyambut baik ajakanku, yeay!! Lalu aku bersama Chris dari GZL membuat rencana kegiatan kami apa saja dan juga budgetnya. Setelah submit, satu bulan kemudian aku diberitahukan kalo aku LOLOS!!!!! Akkkkkkkkkkkkk senang bangettt karena artinya aku akan ke Skotlandia. Ini adalah kedua kalinya aku mencoba apply namun gagal. 

Akhirnya impian masa kecilku tercapai, aku bisa ke INGGRIS dan SKOTLANDIA dengan 0 Rupiah, senang dan bersyukur banget!!!

Beberapa dokumentasi kegiatanku :

 






Untuk agenda terakhir yaitu pembuatan zine Once Upon A Time yang berisikan 12 submisi dari Indonesia dan 6 dari UK. Launching zinenya diadakan di Indonesia saat Bunga Zine Fest, Juli 2023, berlangsung dengan meriah dan aku bangga sekali dengan yang kulakukan ini karna aku mendapat sambutan yang begitu manis baik dari teman-teman Indonesia maupun UK. Bagi yang mau membaca zine Once Upon A Time dalam bentuk pdf silakan download disini

 






2 comments:

Anonymous said...

Aaaaahhhh so proud of you Kak! Keep inspiring all people ya!
~GabriEl

Anonymous said...

Ell makasi yaaa dear, lafff!